Rabu, 26 Maret 2003 - 00:00:00
Kursus WI BKI Standard Internasional

Kursus Welding Inspector yang diselenggarakan oleh Unit Inkomar dan Jasa Umum (SBU-2) PT (Persero) Biro Klasifikasi Indonesia telah menerima sertifikat Authorized Training Body (ATB) dari Asosiasi Pengelasan Indonesia/Indonesian Welding Society (API/IWS).

Sertifikat ATB tersebut diserahkan oleh Prof. Dipl. Ing. Alois Baumgartner, Direktur BPI Modling, Austria kepada Direktur Usaha BKI Darlion Djabar, MME, MM dalam acara seminar sehari “Harmonisasi Kualifikasi Personel Las di Indonesia” yang diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta beberapa waktu lalu. Acara bersama yang diselenggarakan oleh BKI, Depnaker, dan Ditjen Migas Deperindag tersebut merupakan ajang temu profesi dan tukar pengalaman para praktisi dan ahli las Indonesia. Pada acara tersebut Prof. Baumgartner berkesempatan menyampaikan pemikiran-pemikirannya tentang standar dan kualifikasi ahli las yang berlaku secara internasional serta trend perkembangannnya di masa yang akan datang. Dari BKI tampil sebagai pembicara Direktur Teknik Ir. Muchtar Ali dengan makalahnya yang berjudul “PT (Persero) BKI Sebagai Lembaga Sertifikasi Personel Dalam Peranannya Meningkatkan Mutu Inspektur Las”

Dengan diperolehnya sertifikat ATB tersebut berarti tanggung jawab BKI untuk mempertahankan kualitas sistem, metodologi, dan lulusan program pendidikan Welding Inspector menjadi semakin berat. BKI harus benar-benar menerapkan standar dan ketentuan yang ditetapkan oleh API baik untuk kurikulum, tenaga pengajar, materi pelatihan, tenaga penguji, dan sebagainya. Di sisi lain sertifikat ATB yang berhasil diperoleh juga merupakan hal yang patut disyukuri, karena ini menunjukkan bahwa program pelatihan profesi dalam negeri berhasil memenuhi standar dan kualifikasi yang diakui di negara-negara Asia, Eropa, dan Amerika. Selain BKI, pada kesempatan acara seminar sehari itu juga diserahkan sertifikat ATB untuk bidang pengelasan kepada B4T Bandung dan Politeknik ITS Surabaya.


[ Kembali ]